benanusa.com
Gelombang Informasi Nusantara
Opini  

Peran Internet Dalam Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

Oleh: Fitri Silaban

Di era gempuran kemajuan teknologi saat ini, timbul sebuah pertanyaan yang tentunya banyak sekali terpikirkan dalam benak banyak orang yaitu apakah pendidikan masa depan tidak akan bisa lepas dari peran internet?

Ini adalah pertanyaan yang cukup sederhana tetapi ini membutuhkan jawaban yang tepat dan juga komprehensif. Seperti diketahui bahwa era saat ini adalah era “Cyberspace” era yang sangat luar biasa untuk dunia maya. Terdapat beberapa poin penting yang terdapat dalam “Cyberspace” ini, “Cyberspace ini ibaratkan sebuah wadah dan isi didalam wadah ini meliputi beberapa hal yang sangat luar biasa. Apa saja itu?

Yang pertama adalah “Internet of Things” atau yang biasa disingkat dengan IOT, dari bahasanya saja kita sudah mengetahui bahwa segalanya serba internet. Biasanya IoT ini muncul dalam bentuk aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan di semua benda. “Internet of Things” ini khusus di dunia pendidikan, terkenal dengan sebutan E-Learning dan ini yang sangat mendominasi saat ini, mulai dari kampus-kampus ternama di seluruh dunia ditambah lagi dengan adanya Covid-19, Pandemi yang terjadi dua tahun lalu, pembelajaran online E-Learning ini sangat mendominasi.

E-Learning sendiri memiliki banyak sekali jenis nya, salah satu contoh apabila berkaitan dengan buku E-learning ini bernama E-Book, ada juga E-Library dan ada juga E-Modul. Jangan sampai generasi saat ini dalam menempuh pendidikan tidak familiar dengan E-Learning, jika ini terjadi maka generasi saat ini akan tertinggal.

E-learning yang umum dijumpai atau saat ini sering kita gunakan yaitu sebuah aplikasi seperti Zoom, Google meet baik itu dijadikan tempat belajar dari rumah maupun tempat bekerja dari rumah yang membuat kita tekah familiar dengan aplikasi ini. Dari sebuah data yang dikumpulkan, di seluruh dunia ratusan E- muncul setiap bulannya, mulai dari berbagai jenis nama aplikasi.

Yang kedua adalah “ Cyber Physical System”, dimana semua yang dikerjakan oleh manusia sudah digantikan oleh cyber misalnya dulu ketika kita pergi ke mall pasti di tempat parker kendaran manusia yang bekerja namun saat ini sudah digantikan oleh palang pintu otomatis. Ketika ini kita hubungkan dalam dunia pendidikan, kita semua jangan terkejut apabila guru yang saat ini mengajar kita kemungkinan akan digantikan oleh “Hologram Teacher” berupa Cyber. Jadi seorang guru, dapat memberikan pelajaran secara paralalel ke banyak kelas dalam waktu yanga bersamaan tetapi yang hadir bukan sosok gurunya tetapi yang hadir hanya sebuah hologram. Konidisi saat ini yang dialami oleh generasi kita dalam dunia pendidikan.

Dan yang terakhir ialah “Artificial Intelligence” atau biasa kita kenal dengan robot. Kita melihat di kampus-kampus ternama saat ini yang memberikan kuliah kepada mahasiswanya itu bukan lagi manusia melainkan sebuah robot, dosen utamanya atau guru utamanya ialah robot sedangkan manusia yang seharusnya menjadi guru justru menjadi asistennya saja. Dan fenomena ini tidak hanya terjadi di kampus mulai dari tingkat sekolah dasar hingga di bangku sekolah menengah atas pengajarnya adalah sebuah robot.

Seperti ini lah kaitan antara era internet atau “Cyberspace” dengan era dunia pendidikan kedepan dan di yakini bahwa akan terus tercipta sebuah penemuan-penemuan baru yang bermanfaat untuk kemanjuan dunia pendidikan, baik guru ataupun kita sebagai generasi muda diharuskan untuk dapat beradaptasi dan mengikuti perkembangan dunia pendidikan yang sangat cepat ini.

Penulis merupakan mahasiswa jurusan Kehutanan Universitas Jambi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *