benanusa.com
Gelombang Informasi Nusantara

Azhari Sebut Tuntutan Keluarga Nenek Hafsah Rasional

Azhari saat sedang menjadi pembicara di acara diskusi IHCS (Benanusa/Istimewa)

Benanusa.com, Jambi – Indonesia Human Right Commite for Social Justice (IHCS) Perwakilan Jambi menanggapi kasus pelaporan siswi SMP oleh Pemerintah Kota Jambi.

Azhari, Advokat IHCS Perwakilan Jambi menyebut bahwa langkah Pemkot Jambi sangat sembrono. Tidak mengetahui sebelumnya bahwa anak itu masih SMP, bukanlah alasan bijak.

“Jadi kalau anak ini sudah dewasa, Pemkot Jambi merasa berhak memenjarakannya?” ujarnya pada Redaksi Benanusa, pada Rabu 7 Juni 2023.

Menurutnya, Pemkot Jambi harus mengedepankan hak-hak keadilan sosial. Bukan malah melaporkan dengan tujuan memberi efek jera. Seperti informasi yang beredar bahwa salah satu oknum Kepala Dinas menyebut ingin siswi tersebut dibuat jera.

Karena usianya di atas 12 tahun, SFA memang berpotensi menerima hukuman. Sehingga, memang sudah seharusnya laporan ini dicabut. Karena, perjuangan memperoleh hak asasi dan keadilan sosial tidak layak dibungkam.

“Ini (laporan pengaduan) dicabut karena pertimbangan etika, keberpihakan, politis. Gaya jawabannya,  seperti dari sudut pandang penegak hukum, bukan pejabat publik. Labil dan buat gaduh, tak punya pertimbangan sosial demi keadilan,” tuturnya.

Ditanya mengenai permasalahan utama yang sedang diperjuangkan SFA, menurut Azhari tuntutannya rasional.

“Jelas kerugian materil plus Immateril itu sudah rasional bahkan bisa jauh lebih besar. Apalagi jika dilihat perjuangan ibu Hafsah secara moral tidak bisa diukur dengan uang. Penguasa ini kan sering buta dengan hak-hak Ekonomi, Sosial, Budaya, Lingkungan yang itu merupakan hak asasi. Mestinya, yang menjadi pertimbangan Kabag Hukum Gempa sebagai Penyelenggara negara ya memproritaskan Hak Ekonomi, sosialnya sehingga pulih kehidupan,” kata Azhari dengan tegas.

Pada akhir pernyataannya, Azhari berharap keluarga nenek Hafsah segera mendapatkan keadilannya. “Semoga pulih kehidupan mereka,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *