benanusa.com
Gelombang Informasi Nusantara

Duo Warga Jambi ke Jakarta Gugat Penetapan Gibran oleh KPU

Jambi – Advokad kenamaan asal Jambi Firmansyah dan Rekan melayangkan surat keberatan atas Keputusan KPU No.1634 tahun 2023 tentang penetapan pasangan calon peserta pemilihan umum Presiden dan Wakil Presiden tahun 2024 pada Kamis 23 Oktober 2023.

“Kami mewakili Ahmad Tabrani dan Judhi Irawan, dua warga masyarakat Jambi ini yang memberikan kuasa kepada kantor Firmansyah dan Rekan untuk melakukan upaya pembatalan Keputusan KPU tentang penetapan calon Presiden dan Wakil Presiden,” kata Firman.

Menurut dia surat keberatan tersebut diantar langsung oleh pihaknya ke kantor KPU yang berada di kawasan Imam Bonjol, Jakarta Pusat.

“Suratnya berisi keberatan, dan permintaan pembatalan Keputusan KPU Nomor 1632 merupakan langkah awal kami untuk mengajukan gugatan ke PTUN,” ujarnya.

Dia menilai bahwa pada pembatalan Keputusan KPU oleh PTUN nerupakan hal yang sangat penting. Hal itu karena putusan KPU dinilai sudah cacat formil mulai dari proses penerimaan sampai dengan penetapan calon presiden dan wakil presiden.

“KPU keliru dalam menyikapi Putusan MK 90 yang nyata-nyata sangat mepet waktu tahapan pendaftaran calon presiden yang dimulai tanggal 19 Oktober 2023 lalu atau hanya selisih 3 hari dari Putusan MK 90,” katanya.

Sehingga, lanjut dia, KPU terkesan terburu-buru mengeluarkan surat edaran yang tak biasa. Surat edaran yang semestinya hanya untuk Internar KPU yang berisi informasi ini justru di kirimkan ke Parpol-Parpol.

“KPU juga dihari yang sama mengeluarkan Keputusan KPU nomor 1378 tentang pedoman teknis, namun sampai dengan batas akhir pendaftaran calon presiden tanggal 25 Oktober 2023 KPU belum belum merevisi PKPU,” katanya.

Artinya, kata dia, pada saat Prabowo – Gibran mendaftar 25 Oktober 2023 masih mengunakan PKPU dengan batas usia calon minimal 40 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *