benanusa.com
Gelombang Informasi Nusantara

Sejumlah Organisasi Mahasiswa Sukses Gelar Kemah Bakti di Tebo

Bungo – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) bersama seluruh pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Lingkup Fakultas Pertanian, Universitas Muara Bungo (UMB) melaksanakan kegiatan Kemah Bakti Tani Mahasiswa (KBTM).

Kegiatan itu merupakan perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat. Dalam rilisnya, panitia kegiatan menyampaikan kegiatan ini menjadi penting bagi mahasiswa pertanian karena belajar langsung bertemu dengan petani, mengetahui masalah dan mengetahui solusi dari permasalahan yang ada.

Dalam kegiatan KBTM ini turut hadir Dekan Fakultas Pertanian, Sutiono S.P.,M.P. Kepala Desa Suka Damai Untung Swastadi A.Md, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FP UMB, Arpani, Ketua Himpunan Mahasiswa Agribisnis (Himagri), Ketua Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (Himagrotek), Ketua Himpunan Mahasiswa Peternakan (Himasiter).

Kepala Desa Suka Damai Untung Swastadi A.Md mengatakan, manfaatkanlah kesempatan ini sebagai awal bukti pengabdian adik-adik Mahasiswa terhadap dunia pertanian, sekalian terapkan kepada masyarakat petani untuk kesejahteraan.

“Kita harapkan kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat, tujuan kegiatan ini sebagai partisipasi adik-adik mahasiswa/i sebagai pelopor dan motivator teknologi pengerak bidang pertanian nusantara mewujudnkan kedaulatan pangan di Indonesian”, katanya.

Sutiono S.P., M.P selaku Dekan FP UMB menyampaikan “Ikutilah setiap rangkaian kegiatan dengan tulus, ambil setiap pembelajaran yang baik sampai acara selesai” dan Dekan FP UMB berharap dengan dilaksanakannya kegiatan KBTM ini, setiap mahasiswa dapat memahami materi dan dapat memetik pembelajaran dari kegiatan ini.

Novrihadi Agung Wicaksono selaku Ketua Panitia KBTM menyampaikan Kegiatan KBTM ini diisi dengan sejumlah rangkaian kegiatan yang telah disusun oleh panitia. Diantaranya adalah seminar, pengabdian kepada petani dan pengkaderan untuk tiap-tiap Himpunan yang ada di lingkup Fakultas Pertanian Universitas Muara Bungo.

“Sesuai dengan Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat, maka dari itu kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa yaitu melakukan penanaman seperti jagung, sayur-sayuran, pembuatan pupuk kompos.
Melalui kegiatan KBTM ini kita banyak komunikasi dengan para petani dan peternak untuk mengenal lebih dekat,” ujar Agung.

Arpani selaku Ketua BEM FP UMB mengatakan KBTM tahun 2022 ini mengusung tema “Menciptakan Benih-benih Petani Milenial untuk Mewujudkan Kedaulatan Pangan”.

“Selain dapat memanen pelajaran lewat materi-materi yang disampaikan, solidaritas dan kekompakan mahasiswa Fakultas Pertanian tahun 2022 juga dapat terbangun, selain itu nantinya dapat bersosialisasi dengan baik kepada setiap mahasiswa berbeda jurusan di lingkungan UMB terlebih fakultas pertanian,” kata Arpani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *