benanusa.com
Gelombang Informasi Nusantara

Mantap! Dalam Fapet Expo 2022 Mahasiswa Pro Ide Desa Pudak Buktikan Mampu Jadi Pengusaha

Jambi – Ikatan Senat Mahasiswa Peternakan Indonesia (ISMAPETI) Wilayah 1 menggelar Temu Ilmiah Mahasiswa Peternakan Indonesia Wilayah 1 Sumatera (TIMPIWIL-1) pada 17-19 Oktober 2022 di Universitas Jambi. Acara dibuka langsung oleh Rektor Universitas Jambi Prof. Drs. H. Sutrisno. M.Sc., Ph.D.

Dalam kegiatan yang berlangsung selama 3 hari itu, acara diisi dengan berbagai kegiatan positif seperti, webinar, lomba business plan, dan esai. Tak hanya itu juga dilakukan aksi gizi yang bertempat di Sungai Duren, Muarojambi.

Kemudian juga dilaksanakan Field Trip, Fakultas Peternakan (Fapet) Expo yang dihadiri oleh 9 Universitas di Pulau Sumatera yakni, Universitas Negeri Lampung, Universitas Panca Budi, Universitas Sriwijaya, Universitas Negeri Bengkulu, Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Universitas Jambi, Universitas Muara Bungo, dan Universitas Pahlawan.

Fapet Expo pun menjadi acara puncak dalam Temu Ilmiah Mahasiswa Peternakan Indonesia Wilayah 1 Sumatera. Menurut Hadion Setiawan selaku ketua HMJ Peternakan Universitas Jambi, Fapet expo merupakan kegiatan yang memberikan kesempatan terhadap mahasiswa Peternakan untuk bisa mengembangkan ide kreatifitas dalam semua bidang.

“Ini menjadi salah satu ajang bagi mahasiswa Fapet untuk memamerkan produk buatannya dan berbagai karya atau penampilan. Dalam hal ini Tim Program Inovasi Desa (Pro Ide) Desa Pudak, Kabupaten Muarojambi juga mengambil kesempatan untuk menampilkan produk yang mereka buat bersama masyarakat selama kurang lebih 2 bulan di Desa untuk dipamerkan lalu di jual,” kata Ketua HMJ Peternakan, Hadion Setiawan.

Adapun produk dari Tim Pro Ide Desa Pudak yakni Pupuk Kompos, Bio Urine dan Labu Madu. Labu madu yang kami jual, merupakan hasil pengaplikasian dari kompos yang kami buat, kata Jantulus Simanungkalit.

Sementara itu Philipus Simamora selaku ketua Tim Pro Ide mengatakan bahwa sebelumnya mereka tak menyangka jika peminat produk kreasi mereka sangat banyak. Tak tanggung-tanggung 2 hari acara Fapet Expo berjalan, mereka berhasil memperoleh laba ratusan ribu rupiah.

“Ini diluar dugaan. Ternyata ada banyak peminat produk hasil kreasi kami dari Tim Pro Ide, Desa Pudak. Lewat acara Fapet Expo kita dapat untung banyak. Lebih dari itu juga kita dapat dukungan dari berbagi Dosen Fakultas Peternakan,” ujarnya.

Adapun salah seorang Dosen Fakultas Peternakan yang mengapresiasi karya mahasiswa Tim Pro Ide yakni, Ir. Mulawarman, M.Si.

“Mahasiswa Pro Ide ini tentu bisa menjadi pengusaha. Ini merupakan awalan yang bagus buat para mahasiswa supaya kelak tidak lagi mencari pekerjaan, melainkan sudah mampu menciptakan lapangan kerja bagi orang lain,” katanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *