benanusa.com
Gelombang Informasi Nusantara

Cegah Narkoba, Polda Metro Jaya Segera Tes Urine Mahasiswa

Benanusa.com, Jakarta – Imbas naiknya penggunaan narkotika, Polda Metro Jaya berencana melakukan tes urine secara rutin kepada mahasiswa.

Hal ini dijelaskan oleh Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya, Kombes Pol Mukti Juharsa, di Jakarta, pada Rabu (19/10/2022).

“Kami akan membangun komunikasi dengan beberapa universitas untuk rutin melakukan tes urine,” kata Mukti.

Hal ini dilaksanakan agar kampus menjadi garda terdepan dalam mencegah peredaran dan penggunaan narkoba, serta menjaga moral masyarakat terkhusus mahasiswa.

“Kita akan gabung dengan beberapa Universitas untuk tes urine bersama. Semoga program ini bisa sukses dan lancar guna menekan angka penyalah guna narkotika di Jakarta maupun di Indonesia,” ujar Mukti melanjutkan.

Dia juga mengatakan kalau tes urine ini sudah masuk program, dan akan segera dilaksanakan mulai bulan depan. Menurut Mukti, awal prakarsa kegiatan tes urine tersebut mengacu pada data Badan Narkotika Nasional (BNN) yang memperlihatkan adanya kenaikan penyalahgunaan narkotika.

Berdasarkan informasi yang dirabgkum awak media dari berbagai sumber terpercaya, angka penyalahgunaan narkotika mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Pada 2019 berada di angka 1,8 persen, lalu meningkat pada tahun 2021 menjadi 1,9 persen. Perempuan yang terdampak narkotika juga meningkat, semula 0,20 persen pada 2019, menjadi 1,21 persen pada 2021.

Adapun faktor utama seseorang menyalahgunakan narkotika menurut data BNN adalah pengaruh dari teman atau lingkup pergaulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *