benanusa.com
Gelombang Informasi Nusantara

Rekonstruksi Tragedi Kanjuruhan Hadirkan Tersangka dan Peragakan 30 Adegan

Benanusa.com, Jawa Timur – Rekonstruksi Tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang diadakan di lapangan Mapolda Jawa Timur, Rabu, 19 Oktober 2022.

Rekonstruksi ini juga menghadirkan tiga tersangka yaitu Kompol Wahyu Setyo Pranoto sebagai Kabag Ops Polres Malang, AKP Hasdarman Danki Brimob Polda Jatim, dan Kasat Samapta Polres Malang AKP Bambang Sidik Achmadi. Dan berlangsung sejak pukul 09:00 sampai pukul 11:00.

Adegan rekonstruksi yang dipimpin langsung oleh Kombes Pol Totok Suharyanto Dirreskrimum Polda Jatim memperagakan kejadian mulai dari antisipasi suporter turun kelapangan sampai pada pecahnya Tragedi.

Dan juga sewaktu ketika aparat menembakkan gas air mata. Adegan penembakan itu direka ulang di sekitaran tribun 13 yaitu sentel ban dan direkontruksi menjadi tujuh adegan, yaitu adegan 19 sampai 25.

“Dalam adegan 19 sekitar pukul 22.09 atas perintah tersangka Hasdarmawan, saksi menggunakan senjata laras kaliber 38 mm menembakkan satu kali dengan amunisi warna biru ke arah sisi selatan,” kata Totok Suharyanto lewat pengeras suara

Ada juga adegan sewaktu bentrok bersama suporter Arema yang juga ikut direkonstruksi. Menurut data rekonstruksi yang dibacakan oleh Totok, dalam satu adegan Hasdarmawan tersangka sempat memerintahkan suporter untuk menahan lemparan kepada aparat

Sementara itu Irjen Pol Dedi Prasetyo Kadiv Humas Polri menyampaikan bahwa rekonstruksi hari ini merupakan rekomendasi dari Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF).

“Rekonstruksi hari ini penyidik fokus pada tiga tersangka. Rekonstruksi menghadirkan 54 orang sebagai saksi maupun peran pengganti. Tujuan rekonstruksi ini untuk melihat peran dari tersangka dan dilihat juga oleh teman-teman jaksa,” ujar Dedi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *