benanusa.com
Gelombang Informasi Nusantara

BWSS VI Sosialisasikan Permen PUPR Nomor 3 Tahun 2023 Kepada Seluruh Perusahaan

Benanusa.com, Bungo –  Balai Wilayah Sungai Sumatera  (BWSS) VI Jambi telah menggelar sosialisasi pada sejumlah perusahaan terkait penataan perizinan dan persetujuan bidang  sumber daya air.

Sosialisasi peraturan  Menteri PUPR No. 3 Tahun 2023 tersebut digelar terhadap sejumlah perusahaan dengan maksud agar perusahaan-perusahaan yang bersinggungan dengan daerah aliran sungai mengikuti aturan terbaru yang berlaku.

Sebagaimana diketahui bersama, PerMen PUPR tersebut di atas merupakan petunjuk teknis atas pelaksanaan UU Nomor 6 Tahun 2023 dan menegaskan bagi perusahaan yang sudah terlanjur melakukan pengalihan alur sungai dapat segera mengurus sesuai teknis yang tercantum dalam peraturan tersebut. Dalam aturan tersebut diberikan tenggat waktu 3 tahun bagi perusahaan untuk mengurus sejak PerMen tersebut dikeluarkan.

Sanksi berupa denda administratif akan diberikan kepada perusahaan yang mengajukan permohonan pengurusan izin pengalihan aliran sungai sesuai ketentuan yang berlaku. Akan tetapi, sanksi pidana dapat diberlakukan apabila perusahaan tetap belum mengajukan permohonan izin selama tenggat waktu yang telah diberikan undang-undang.

Saat ini, banyak perusahaan di wilayah BWSS VI Jambi sedang melakukan pengurusan perizinan yang dimaksud di atas guna memenuhi ketentuan yang berlaku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *