benanusa.com
Gelombang Informasi Nusantara

Kejari Muaro Jambi Segera Ungkap Kasus Pamsimas, Nama Sudah Dikantongi

Benanusa.com, Muarojambi – Kejaksaan Negeri Muarojambi secara rahasia sedang menyelidiki dugaan korupsi dalam program Pamsimas, atau Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat.

Kasus dugaan korupsi program Pamsimas yang terjadi di Desa Rukam, Kecamatan Taman Rajo, Kabupaten Muarojambi bahkan telah dinaikkan dari tahap investigasi ke tahap penyidikan.

Jumat (23/6/23) siang, Kajari Muarojambi Kamin menyatakan, “Penanananan kasus ini resmi telah kita tingkatkan dari tahap penyelidikan ke tahap penyidikan pada Kamis pertanggal 4 Mei 2023 lalu.”

Kejari Muarojambi sedang menyelidiki proyek ini karena masyarakat belum memanfaatkannya hingga saat ini. Beberapa tugas masih belum selesai.

Dia mengatakan, “Pembangunan SPAM tersebut tidak selesai karena uang itu telah dihabiskan oleh ketua Pokmas untuk kepentingan pribadinya.”

Sejauh ini, 15 saksi telah diperiksa oleh penyidik Kejaksaan Negeri Muarojambi, kata jaksa Muarojambi.

Tim penyidik Kejaksaan Negeri Muarojambi memeriksa berbagai saksi, termasuk kepala desa, PPK air minum, Kepala Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), koordinator tim persiapan, dan fasilitator pemberdayaan.

Saksi lainnya termasuk koordinator tim pengawas, bendahara Pokmas, fasilitator teknik Pamsimas, koordinator tim pelaksana, koordinator Pamsimas, kepala tukang pembangunan SPAM, koordinator provinsi (PC), atau tenaga pendamping.

Kamin menyatakan, “Tim penyidik telah menyita barang bukti berupa 67 dokumen terkait dari hasil pemeriksaan.”

Selain itu, kamin melaporkan bahwa tim penyidik, bekerja sama dengan Inspektorat Provinsi Jambi, saat ini sedang melakukan perhitungan berapa banyak kerugian yang disebabkan oleh insiden tersebut.

Menurutnya, “Tentunya tim penyidik sudah mengantongi nama yang dalam waktu dekat, dan setelah cukup bukti, kami akan segera tetapkan sebagai tersangka.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *