benanusa.com
Gelombang Informasi Nusantara

Alokasi Dana Hibah Partai Tahun 2023 Pemkab Batanghari Mencapai Rp 1 Miliar Lebih, Ini Alirannya

Benanusa.com, Jambi – Pemerintah Kabupaten Batanghari kembali menganggarkan dana hibah pada tahun 2023 untuk Partai Politik (Parpol) yang meraih suara terbanyak. Anggaran total yang dialokasikan mencapai lebih dari Rp1,178 miliar, dan saat ini setiap Parpol dapat mengajukan permohonannya. Hal ini diumumkan pada Rabu (07/06).

Noviana Ekawati, Kepala Seksi Partisipasi Politik dan Demokrasi Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Batanghari, menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Batanghari pada tahun 2023 ini kembali mengalokasikan dana hibah untuk Parpol. Sebanyak 10 Parpol masuk dalam pendataan untuk menerima dana hibah dari pemerintah setempat.

“Dana hibah Parpol ini memiliki jumlah yang sama dengan tahun sebelumnya, yakni lebih dari Rp1,1 miliar. Dan diperuntukkan bagi 10 partai politik dari total 18 Partai Politik yang ada,” ujarnya.

“Sepuluh partai tersebut antara lain adalah Partai Amanat Nasional, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Demokrat, Partai Golongan Karya, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Nasdem, Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan, dan Partai Gerindra,” tambahnya.

Pemberian dana kepada Parpol ini didasarkan pada suara terbanyak yang diperoleh oleh masing-masing partai, dan menggunakan dana Alokasi Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Dana hibah terbesar diterima oleh PAN sebesar lebih dari Rp184 juta dengan jumlah suara sebanyak 23.878 orang. Sementara itu, dana hibah terkecil diberikan kepada Partai Perindo dengan jumlah lebih dari Rp51 juta dan total suara sebanyak 6.687 orang,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *