benanusa.com
Gelombang Informasi Nusantara

Pengusaha Cangkang Jambi Tembus Pasar Dunia, Ini Pesannya Buat Anak Muda

Benanusa.com, Jambi – Perjuangan belasan tahun Deswan Hardjo Putra berbuah manis. Melalui PT Bersaudara Natural Energi (PT BNE) ia berhasil menembus pasar ekspor industri cangkang dunia.

Bahan sisa pengolahan TBS yang mulanya tak punya harga justru di tangannya menjadi begitu bernilai tinggi.

Ia bercerita, dahulu cangkang tak dijual pabrik-pabrik. Terkadang hanya dimanfaatkan sebagai pengeras jalan tanah.

Namun kemahirannya membaca peluang membuat cangkang ini bisa menembus pasar ekspor.

Tak tanggung-tanggung, cangkang sawit yang ia kumpulkan dari berbagai PKS di berbagai provinsi telah menembus pasar Thailand, Jepang, hingga Korea.

“Iya ekspor sudah sampai Thailand, Jepang, Korea, bahkan pasar Eropa. Itu dikumpulkan dari berbagai PKS, ada dari Jambi, Pekanbaru, Bengkulu,” ujar Presiden Direktur PT BNE, Deswan Hardjo Putra itu pada Rabu, 22 September 2022.

Di Provinsi Jambi, ia mengungkapkan bahwa terdapat sekitar 90 PKS.

“Ya paling sekitar 20 persen lah yang kerjasama dengan kita untuk cangkangnya,” ujarnya.

Di tengah berbagai persoalan ekspor produk turunan sawit macam CPO, menurut Deswan, untuk cangkang sampai saat ini ekspor masih belum ada kendala berarti.

Meskipun ia juga sempat mengalami fase sulit saat pandemi. Nyaris dua tahun industrinya tak berjalan. Ia pun harus tetap menanggung beban operasional.

“Baru 8 bulan terakhir ini kita mulai lancar lagi. Udah bisa bernafas lagi lah setelah 2 tahun pandemi kita stack. Sawit murah sekalipun, harga cangkang tetap sama aja. Eskpor belum ada kendala lah. Manfaatnya sendiri ini cangkangkan untuk pembangkit energi, boiler,” ujarnya.

Sudah 12 tahun berlalu, Presdir PT BNE itu mengungkap bahwa kini, pihaknya telah mekspor cangkang kelapa sawit ke Hybrid Energy Co. Ltd, dengan rata-rata sebanyak 250 ribu ton/ tahun.

Ia berpesan kepada anak-anak muda agar terus berusaha keras.

“Peluang itu banyak yang penting kerja keras. Dan hindari 3 hal, yaitu narkoba, judi , dan menipu. Karena 3 ini merusak. Dalam bisnis, kejujuran dan kepercayaan itu sangat penting,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *