benanusa.com
Gelombang Informasi Nusantara

Sumur Minyak Ilegal Menyembur Hingga 10 Meter, Warga Dievakuasi

Benanusa.com, Sumatera Selatan – Sumur minyak ilegal di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan, meluap dan menyemburkan minyak setinggi 10 meter.

Bahkan, tumpahan minyak tersebut kini telah mengalir seperti sungai yang menuju ke pemukiman penduduk.

Pj Bupati (Pj) Muba Apriyadi mengatakan, peristiwa itu terjadi di Jalan Nusantara Kampung Baru, Kecamatan Keluang sejak Kamis (15/9/2022).

Oleh karena itu, warga sekitar kecamatan dan desa setempat harus dievakuasi untuk mengantisipasi kebakaran akibat tumpahan minyak.

“Kami mengutamakan upaya lokalisasi agar minyak tidak mengalir ke kawasan pemukiman yang tentunya sangat rawan ledakan atau terbakar,” kata Apriyadi seperti dikutip Kompas.com, Jumat (16/9/ 2022).

Apriyadi menjelaskan, kegiatan sumur ilegal yang berdampak buruk sudah sering terjadi di Muba.

Namun kewenangan Pemerintah Daerah sangat terbatas dalam menindak pemboran sumur minyak ilegal atau illegal drilling.

“Jadi untuk kejadian yang berulang ini, Pemda hanya bisa melaksanakan tugas terbatas, karena pemerintah pusat memiliki kewenangan yang besar, namun Pemkab Muba bersama Forkopimda dan Forkopimcam akan berusaha semaksimal mungkin untuk menanganinya meski terbatas agar tidak menimbulkan korban jiwa,” ujarnya.

Namun, Pemkab Muba telah berkonsultasi dan berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat yaitu Kementerian ESDM. Permasalahan penanganan illegal drilling dan illegal kilang belum menemukan solusi yang pasti.

Sebelumnya diketahui bahwa, ada sekitar 8.000 titik sumur minyak ilegal berada di daerah Sumbagsel. Paling banyak terdapat di Musi Banyuasin (Muba). Selanjutnya, terhitung ada 7.734 sumur berada di Muba.

Selain itu, di Provinsi Jambi, dilaporkan terdapat 3.000 titik. Banyaknya titik ini membuat, Pemerintah Provinsi Jambi mengusulkan untuk dapat mengelola sumur-sumur ini agar tidak liar dan salah kelola. Akibatnya, jika dibiarkan liar dan salah kelola maka akan membahayakan lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *