benanusa.com
Gelombang Informasi Nusantara

Bawaslu Gelar Sosialisasi Pemilu Partisipatif Dorong Masyarakat Awasi Pemilu

Benanusa.com, Jambi – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jambi menggelar acara Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif dengan mengundang beberapa unsur Organisasi Kepemudaan, Masyarakat, penyandang disabilitas hingga para pelajar di Resto Kampung Kecil Jambi pada Jumat 2 September 2022.

Pada acara sosialisasi tersebut, pihak Bawaslu menghadirkan satu pembicara independen yakni, Jojo Rohi selaku Direktur Komisi Independen Pengawas Pemilu (KIPP).

Dalam kesempatannya, Jojo banyak memaparkan terkait esensi pemilu dan partisipasi rakyat dalam prosesnya. Bagaimana peran serta masyarakat dalam mewujudkan pemilu yang demokratis demi terpilihnya sosok pemimpin pilihan rakyat.
Acara sosialisasi Bawaslu itu berjalan dengan dinamis, para peserta cukup antusias. Tak hanya memberi pertanyaan namun juga ada pernyataan yang argumentatif terkait pelaksanaan Pemilu yang sebelum-sebelumnya dan harapan kedepannya.

Sementara itu, Anggota Bawaslu Provinsi Jambi, Fahrul Rozi usai kegiatan sosialisasi menyampaikan pada awak media bahwa kegiatan ini merupakan acara yang dilakukan oleh Bawaslu demi mendorong partisipasi masyarakt dalam pengawasan Pemilu mendatang.

“Kegiatan ini kita lakukan secara subjektif, objektif, dan kualitatif. Tentu jajaran kita yang melakukan pengawasan dari 11 Kabupaten/Kota, kami meyakini bahwa itu tidak akan optimal. Nah dengan pelaksanan sosialisasi pengawasan partisipatif ini, kerja-kerja upaya pengawasan itu akan lebih maksimal. Sehingga secara kulitatif pelaksanaan pemilu yang langsung, umum, bebas rahasia, jujur, dan adil itu akan terwujud dan bisa mengagasilkan proses yang demokratis dan berintegritas,” katanya. (BN007)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *