benanusa.com
Gelombang Informasi Nusantara

Kendaraan Bensin Bisa Dikonversi Jadi Listrik Secara Resmi, Begini Caranya

Benanusa.com, Jakarta – Kenaikan harga BBM membuat sejumlah kalangan mulai mempertimbangkan peralihan kendaraan berbahan bakar bensin menjadi listrik.

Upaya untuk mengoversi kendaraan yang ada menjadi bertenaga listrik dinilai lebih murah dan ramah lingkungan. Sebab, cukup mengganti mesin penggerak saja.

Namun, untuk mengonversi kendaraan menjadi bertenaga listrik terdapat sejumlah aturan yang perlu dipenuhi agar surat menyurat kendaraan tetap resmi.

Tomy Huang, bos BRT-Bintang Racing Team yang terdaftar sebagai bengkel konversi motor listrik resmi memberikan penjelasan.

Menurutnya, konversi motor menjadi mesin listrik hanya diperbolehkan di bengkel resmi terdaftar. Hal ini akan sangat erat berkaitan dengan pengurusan surat-menyurat nantinya.

“Jadi konversinya harus dilakukan di bengkel konversi motor listrik resmi bersertifikat. Jika melakukannya sendiri nanti surat-suratnya tidak bisa diurus,” buka Tomy Huang saat ditemui di markasnya yang ada di dekat sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat mengutip gridOTO.

Syarat kedua yang harus dipenuhi adalah motor harus memiliki surat-surat resmi seperti BPKB dan juga STNK.

“Kalau motor yang ingin dikonversi tidak memiliki BPKB atau STNK, bengkel konversi motor listrik resmi bersertifikat tidak dibolehkan untuk mengerjakannya,” ucapnya.

Selain itu, motor bensin yang akan dikonversi juga harus dilakukan pengecekan kelayakan jalan sebelum dikonversi menjadi motor listrik.

“Jadi motornya dicek dulu apakah ada lampunya, remnya dan segala macam perlengkapan yang menunjukan motor itu layak jalan. Kalau pengecekan fisik layak jalannya lolos, baru dilakukan konversi,” tutur  Tomy.

Untuk perubahan surat-surat dari motor bensin ke motor listrik juga akan diurus oleh pihak bengkel konversi resmi bersertifikat.

Nah, jadi itu beberapa syarat yang diperlukan untuk melakukan konversi motor bensin ke motor listrik.

Jadi penuhi syarat tadi agar motor listrik hasil konversi kalian tetap legal dipakai di jalan raya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *